Saturday, February 8, 2020

Memelihara Kesehatan Tulang

Edit Posted by with No comments

Tanpa tulang apalah artinya badan ini. Meleyat sana meleyot sini. Oleh alasannya yakni itu, jagalah alat penjaga tegaknya badan ini (sama dengan mencegah osteoporosis atau mencegah kelainan tulang lainnya) dengan cara berikut ini.

I. Olahraga teratur dan jangan berlebihan, latihan beban (jangan terlalu berat dan berlebihan) untuk memperkuat tulang. Misalnya, ambil barbel 1,2 hingga 5 kg untuk berlatih.

2. Biasakan bangun dengan posisi badan tegak searah dengan sumbu bumi. Berdiri dengan gaya menyerupai ini akan menciptakan tulang belakang Anda lebih tegap, sehat, dan terhindar dari kelainan-kelainan. Sementara posisi membungkuk, miring ke kiri-kanan, atau agak melengkung ke belakang cenderung menciptakan tulang belakang Anda gampang terkena kelainan.

3. Minum susu teratur, dari susu yang biasa saja dan rendah lemak. Susu tinggi kalsium sebaiknya diminum di bawah pengawasan dokter. jikalau terlalu berlebih, dikhawatirkan sanggup mengakibatkan kondisi hiperkalsimia yang membahayakan jantung. Ingat, mineral tubuh, menyerupai Na (Natrium). Ca (kalsiium), dan K (kalium) yakni golongan trace elements, yaitu diperlukan dalam jumlah sangat sedikit dan sanggup dipenuhi dari masakan kita sehari-hari.

4. Penuhi kalsium dari masakan alami, menyerupai produk susu rendah lemak, ikan salmon dan sarden, kacang dan kecambah, kedelai, brokoli, dan sayuran hijau. Kebutuhan kalsium perempuan pramenopause yakni 1000 mg/hari dan 1500 mg/hari sehabis menopause. Batasi konsumsi kalsium tidak lebih dari 1500 mg/hari.

4. Hindari merokok dan kurangi konsumsi sodium atau garam.

5.Berjalan atau berjemur sebentar di bawah matahari pada pukul 09.00-10.00 untuk membentuk vitamin D di kulit yang mencegah rakhitis (radang tulang) dan osteoporosis (pengeroposan tulang).

6. Ambil olahraga jalan kaki sebagai salah satu olahraga terbaik untuk pencegahan osteoporosis, terutama osteoporosis bab ekstremitas bawah (kaki).

7. Boleh sesekali memakan tulang rawan atau kolagen dari tulang sapi atau ayam. Tulang rawan ini mengandung sel-sel pembentuk tulang (osteosit) dan ckondroitin sulfate  yang juga sanggup membantu mengurangi kemungkinan osteoporosis.

8. Gunakan terapi penggantian estrogen untuk mencegah osteoporosis, terapi harus di bawah pengawasan dokter.

0 comments:

Post a Comment