Saturday, February 1, 2020

Mengatasi Ngorok Atau Mendengkur Dikala Tidur

Edit Posted by with No comments
Kebiasaan tidur ngorok atau mendengkur seringkali menciptakan orang lain terganggu. Suara keras yang dikeluarkan dikala tidur, menciptakan orang yang berada di akrab si pendengkur, menjadi sulit memejamkan mata untuk beristirahat. Baca Artikel secara menyeluruh biar mendapat Informasi perihal Cara Mengatasi Ngorok atau mendengkur Saat Tidur 
 
Tidur mendengkur atau mengorok yaitu salah satu tanda dari terhalangnya pernapasan dikala tidur. Hal tersebut menyerupai yang diungkapkan oleh Arthur Kotch, M.D, Direktur Kesehatan The Sleep Disorders Center di RS Danbury, Connecticut.

Penyebab utama tidur mendengkur salah satunya yaitu ketika jaringan-jaringan di balik kerongkongan, yakni pengecap dan langit-langit verbal saling bersinggungan, bergetar dan akhirnya memproduksi bunyi dengkuran. Nah, pada masalah lain, persinggungan jaringan-jaringan tadi sanggup pribadi menghilangkan suplai udara ke dalam tubuh kita. Ini yang disebut sleep apnea, yuitu tubuh mengalami kekurangan oksigen, yang sanggup merusak jantung anda.

Orang yang gemuk dengan leher pendek biasanya tidurnya mengorok, sebab terdapat pengumpulan lemak yang menghambat kanal nafasnya. Orang kurus pun sanggup saja mengorok, terutama kalau pada dirinya ditemui kelainan menyerupai sinusitis , amandel, atau mempunyai kelainan bawaan.

Orang yang tidur mendengkur biasanya sering terbangun di malam hari. Keadaan menyerupai itu tentu saja sanggup besar lengan berkuasa jelek pada kesehatan tubuh, sebab tidak mempunyai kesempatan untuk istirahat dengan baik. Selain tubuh gampang lemah, mengantuk sepanjang siang, hal itu juga sanggup besar lengan berkuasa jelek pada libido.

Cara mengatasi mendengkur atau mengorok

Tidur dalam posisi benar

Dalam hal ini, tidurlah dalam posisi miring biar tak mendengkur. Karena mendengkur biasanya terjadi bila orang tidur dalam posisi terlentang, maka orang terdekat sanggup mengurangi kebiasaan itu dengan memiringkan tubuh pengorok. Tindakan ini sanggup mencegah biar pengecap tidak jatuh dan menghambat jalan nafas.

Hindari minum alkohol

Hindari minum alkohol, pil-pil penenang atau antithistamin beberapa jam sebelum tidur, yang menciptakan otot-otot kerongkongan santai sejenak, sehingga menghasilkan dengkuran. Jika Anda masih mendengkur sesudah melaksanakan perubahan di atas, segera periksa telinga, hidung dan tenggorokan pada dokter THT.

Minum Madu

Sebelum tidur sebaiknya meminum beberapa sendok madu. Karena berdasarkan beberapa penelitian, madu sanggup membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur/ngorok.

Hindari Minum Susu Sebelum Tidur

Jangan mengkonsumsi susu sebelum tidur, sebab susu sanggup mengakibatkan dengkuran. Walaupun susu sanggup membantu mengobati insomnia, tetapi tidak baik efeknya untuk yang mempunyai kebiasaan mendengkur.

Atur Posisi Letak Bantal

Atur Posisi Letak Bantal Saat tidur, atur posisi bantal menjadi lebih tinggi. Karena kalau posisi bantal rendah atau datar akan menyumbat keluar masuk udara sehingga menjadikan dengkuran

Diet Sehat 
 
Jika tubuh gemuk, sebaiknya lakukan diet, sebab tubuh yang menyimpan banyak lemak sanggup bisa mengakibatkan dengkuran.

Cobalah bernyanyi

Memiliki hobi bernyanyi sanggup membantu Anda terhindar dari duduk masalah mendengkur. Coba Anda cari lagu yang mempunyai banyak nada tinggi, dan dendangkan. Meski cara ini mungkin mengganggu orang lain yang mendengar bunyi nyanyian Anda yang tak merdu, namun dengan bernyanyi akan membantu mengendurkan otot tenggorokan Anda.

Hidup Sehat

Konsumsi masakan yang sehat, banyak minum air putih dan olah raga teratur. Hindari rokok dan minuman beralkohol.

Perhatikan masakan

Anda Rasa lapar biasanya tiba tanpa sanggup diduga. Bisa saja Anda merasa lapar dikala hendak beranjak tidur. Usahakan, biar Anda mengatur waktu makan. Jangan sampai, beberapa jam sebelum tidur Anda menghabiskan masakan ‘berat’ yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Hindari pula minum produk susu sebelum tidur, sebab sanggup meningkatkan produksi lendir dalam verbal Anda.

Kurangi berat tubuh

Kelebihan lemak menciptakan organ paru-paru dan jantung tertimbun lemak, akhirnya napas Anda kurang lancar. Selain itu, kanal napas juga tidak bekerja optimal.

Hirup uap air sebelum tidur

Cara lain yang sanggup dilakukan untuk menghilangkan dengkuran yaitu dengan menghirup uap air untuk membantu membersihkan rongga hidung, biar Anda sanggup bernafas dengan lancar dan lega. Sebelum tidur, cobalah basahkan handuk dengan air hangat dan hirup uapnya. Lakukan cara ini selama 10 menit. Cara ini akan menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung.

Senam tenggorokan

Sebelum tidur, lakukan senam tenggorokan untuk menghilangkan dengkuran dikala tidur, dengan cara membuka verbal Anda selebar mungkin, dan meregangkan rahang ke satu sisi, yaitu dengan memegang rahang tersebut selama 30 detik. Ulangi cara itu pada rahang lain. Lakukan pula menjulurkan pengecap sejauh yang Anda bisa. Cara senam tenggorokan dan pengecap ini akan membantu melonggarkan otot tenggorokan Anda.

Cara-cara yang diuraikan di atas sangatlah gampang dilakukan. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk melaksanakan itu semua. Tidur yang nyaman dan nyenyak tanpa gangguan ngorok merupakan impian semua orang, meski bekerjsama mendengkur sanggup membuktikan adanya penyakit dalam tubuh orang tersebut. Mendengkur sanggup merupakan tanda-tanda obstructive sleep apnea (OSA), dimana nafas berulang kali berhenti dan berlanjut dikala Anda tertidur. Mereka yang terkena sleep apnea sering merasa sesak dan bangkit malam tiba-tiba untuk bernafas, namun biasanya tidak mengingatnya. Gejala ini sering tidak disadari dan sanggup mengakibatkan kurang tidur, kekurangan oksigen, depresi, dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

0 comments:

Post a Comment