Tuesday, March 17, 2020

Tips Menonton Tv Semoga Tidak Merusak Mata

Edit Posted by with No comments
Mata merupakan salah satu anggota Panca indra penglihatan yang sangat penting dalam hal penglihatan. Seperti cuilan badan lainnya, mata juga sanggup mengalami kelelahan dan harus diistirahatkan untuk tetap menjaga kesehatannya.

Salah satu faktor yang sering mengakibatkan mata lelah bahkan kerusakan ialah sebab terlalu usang menonton televisi, sebab tingkat kefokusan mata yang tinggi dalam waktu usang sanggup menciptakan mata lembap atau pedih.

Kelelahan pada mata dihentikan dianggap sepele dan harus dihindari biar tidak mengalami kerusakan yang membutuhkan penanganan yang serius. Namun bagi anda yang gemar menonton televisi dan tidak mau mengalami kelelahan yang berujung kerusakan pada mata, coba lakukanlah tips di bawah ini:

1) Pencahayaan yang memadai, tidak terlalu besar dan terlalu rendah. Pencahayaan yang terlalu berpengaruh sanggup mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang sanggup mengakibatkan pantulan di televisi. Sebaiknya warna di sekitar televisi bercorak netral.

2) Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak gelap total. Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan mata. Warna di ruangan tidak menyesuaikan dengan televisi, melainkan televisi yang menyesuaikan kondisi ruangan.

3) Perhatikan jarak menonton. Setidaknya jarak antara mata dan televisi yaitu lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar sanggup terlihat terang dan tidak mengganggu mata. Jika sering menonton dalam jarak dekat, sebaiknya segera melaksanakan investigasi kesehatan mata. Rabun jauh (miopia) sering terjadi pada anak yang menonton televisi dalam jarak dekat.

4) Pastikan televisi telah diatur dengan baik. Posisi televisi sebaiknya sejajar dengan mata ketika sedang duduk sehingga ketika menonton tidak harus mendongak atau membungkuk. Jika posisi TV terlalu tinggi atau rendah, mata akan gampang merasa lelah ketika menonton.

5) Jika diharuskan menggunakan kacamata, gunakan kacamata tersebut ketika menonton televisi.

0 comments:

Post a Comment