Sunday, April 5, 2020

Makanan Yang Menyehatkan Kandungan Dalam Islam

Edit Posted by with No comments
Kesehatan janin yaitu hal yang sangat penting dijaga oleh para ibu hamil, lantaran hal ini merupakan syarat untuk mempunyai bayi yang sehat dan cerdas. Berikut ini akan di jelaskan beberapa anutan Islam ihwal cara menjauhkan janin dan anak dari dampak jelek yang mungkin timbul sewaktu berada di dalam kandungan.  
 
Para hebat menyampaikan bahwa kesehatan janin dalam kandungan tergantung pada kesehatan fisik ibu. Salah satu hal yang mendukung kesehatan ibu yaitu masakan yang ia makan. Karena itu, kita saksikan bahwa kelaparan yang melanda beberapa negara kuat besar pada kesehatan belum dewasa yang dilahirkan ketika itu. Anak-anak tersebut pada umumnya berfisik lemah, mengidap banyak penyakit atau bahkan menderita cacat tubuh, yang kesemuanya itu disebabkan oleh kelaparan atau kekura-ngan gizi ibu-ibu mereka. Keadaan yang sebaliknya akan menghasilkan hal yang sebaliknya pula. 
 
Karena itu, baik Rasulullah SAWW maupun Ahlul Baitnya sangat menekankan pentingnya perhatian terhadap masakan ibu hamil ,khususnya masakan yang kuat pada sisi psikis dan spiritual anak .Beberapa masakan yang dianjurkan untuk dimakan ibu selama masa kehamilan yaitu sebagai berikut.  
 
Buah Pir 
Rasulullah SAWW bersabda: Makanlah buah pir lantaran buah itu sanggup menciptakan terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung lantaran sanggup mempercantik anak kalian.
 
Luban atau Kemenyan Arab 
Rasulullah SAWW bersabda: Berilah luban (kemenyan Arab) kepada isteri kalian yang sedang mengandung lantaran itu sanggup mencerdaskan anak yang sedang dikandungnya.
 
Imam Ali bin Musa Ridha a.s. berkata: Berikanlah luban kepada isteri kalian yang sedang mengandung. Jika bayi yang dikandungnya itu laki-laki, maka anak tersebut akan menjadi anak yang cerdas, pandai, dan pemberani. Dan kalau bayi yang kandungnya itu perempuan, maka anak itu akan menjadi bagus paras dan kebijaksanaan pekertinya, serta akan dihormati oleh suaminya.
 
Buah Kurma 
Rasulullah SAW bersabda: Berikanlah buah kurma kepada isteri kalian di bulan kesembilan kehamilannya  lantaran hal itu sanggup menciptakan anak yang ia lahirkan menjadi orang berhati lembut dan bersih. 
 
Para Imam Ahlul Bait a.s. telah menciptakan daftar hidangan masakan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, menyerupai yang diriwayatkan dalam kitab-kitab hadis Ahlul Bait, contohnya Al-Kafi dan Makarim Al-Akhlaq .Makanan-makanan tersebut antara lain yaitu buah  delima, tin, anggur, kismis ,sayuran, dan jenis buah-buahan yang lain, juga daging, bubur  daging, dan hijau-hijauan.  
 
Di lain pihak, mereka melarang kita untuk memakan masakan yang membahayakan kesehatan menyerupai bangkai, darah, daging babi, arak ,dan jenis-jenis masakan lain yang  telah dihentikan dalam Al-Qur’an dan hadis Nabi SAWW.




0 comments:

Post a Comment