Wednesday, July 22, 2020

Yang Jarang Orang Tau Tentang Hoka Bento

Edit Posted by with No comments
Hoka? Hoka Bento awal munculnya pertama-tama 18 april 1985 di wilayah kebon kacang jakarta pusat. Di bawah naungan PT Eka Bogainti. Perusahaan itu dibangun oleh Hendra Arifin. HokBen menyediakan makanan berpenampilan Jepang yang variasi, higienis, cepat saji.

Pada harga relatif dapat dijangkau dan situasi yang nyaman. Ini jadikan HokBen untuk restoran dengan ide "Japanese Fast Food" paling besar di Indonesia. Pemiliknya Hendra tertarik meningkatkan restoran cepat saji ala Jepang sebab waktu pada tahun 1985 ide itu belum berada di Indonesia. Hendra lakukan studi banding ke Jepang selanjutnya beli izin untuk memakai brand serta asistensi tehnis Hoka Hoka Bento di Indonesia.



Restoran HokBen atau dulu namanya Hoka Hoka Bento sukses bertahan lintas generasi. Buat milenial yang besar di Jakarta, HokBen serta punyai tempat tertentu di hati. Bersantap di HokBen seperti nostalgia saat kecil bersama-sama orangtua. Terdapat beberapa bukti menarik sekitar HokBen yang saat ini berumur 34 tahun.

1. Berdiri semenjak 1985

Hokben pertama berdiri pada 18 April 1985 dengan nama Hoka Hoka Bento. Gerai pertama kalinya ada di Jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

"Pada awal berdiri itu 1985 pembangunan di Jakarta sedang benar-benar cepat. Owner (PT Eka Bogainti atau HokBen) lihat ada keperluan makan cepat untuk pekerja kantoran," kata Pemasaran Communication Grup Head PT Eka Bogainti (HokBen).

Owner HokBen di inspirasi akan nasi kotak di Jepang yang disebutkan bento. Makanan ini menjadi jagoan beberapa pegawai kantoran di Jepang. Jadilah pertama-tama HokBen dibuka untuk restoran spesial makan siang untuk take away atau dibungkus.

Pada perubahannya, orang Indonesia rupanya semakin suka makan dalam tempat serta duduk. Selanjutnya HokBen memberikan tambahan tempat untuk bersantap serta service pesan antar.

2. Semua restoran HokBen cabang, bukan waralaba

Hokben sekarang ini punyai 153 gerai yang paling besar di beberapa kota besar di Indonesia. Paling jauh masih di Pulau Bali. Semua gerai HokBen ialah cabang di bawah naungan PT Eka Bogainti, tidak ada yang waralaba. Sayangnya bila cari gerai pertama HokBen di Jalan Kebon Kacang saat ini tidak beroperasional.

3. Pernah rebranding

Pada 2013, Hoka Hoka Bento beralih nama jadi HokBen. Nama ini dipersingkat sebab menurut Fransisca pendapat dari beberapa customer. Nama HokBen dipandang semakin gampang disebutkan. Ide restoran yang semula berwarna hitam serta merah, dibikin semakin dinamis dengan warna kuning serta putih. Dua maskot HokBen yaitu Tori serta Hanako masih dipertahankan.

4. 100 % produk Indonesia

Awalannya pemilik HokBen beli izin memakai brand serta asistensi tehnik Hoka Hoka Bento dari Jepang. Tetapi seiring berjalannya waktu, HokBen di Jepang telah tidak lagi ada serta sekarang ini HokBen 100 % produk Indonesia.

5. Makanan favorite selama hidup

Fransisca menjelaskan makanan favorite HokBen dari pertama berdiri ialah teriyaki, chiken katsu, serta yakiniku. Ada pula es merah delima yang legendaris tapi tidak dipasarkan sebab susahnya jaga kesegaran delima.

Cita rasa nasi putih serta mayoinaise di HokBen jadi pembeda Hoken dari restoran lain.

6. Punyai pabrik pusat

Utuk jaga kualitas serta cita rasa makanan yang sama antar cabang, HokBen punyai pabrik pusat di Ciracas serta pabrik hub di Bogor, Yogyakarta, serta Surabaya. Dari sana semua bahan makanan Hokben diantar ke cabang dengan distribusi sendiri.

7. SOP pegawai

Pegawai HokBen punyai standard operasional layani tamu dari pertama pemesanan (waktu tamu ambil nampan) sampai mengantarkannya ke kasir. Seseorang tamu dilayani oleh seseorang pegawai HokBen supaya proses transaksi berjalan cepat.

8. Harga makanan di HokBen

Sekarang ini harga makanan di Hokben termurah Rp 17.000 untuk camilan seperti takoyaki serta siomay. Sedang paket termurah ialah Hoka Irit Rp 25.000. Sedang yang termahal ialah hidangan paling baru Salmon Guriru Rp 80.000 telah termasuk juga pajak.

0 comments:

Post a Comment