Thursday, August 27, 2020

Obligasi Non Ritel Untuk Dipilih Sebagai Investasi

Edit Posted by with No comments

Jika saat ini juga Anda sudah punya modal untuk berinvestasi namun bingung memilih investasi apa, coba berkenalan dulu dengan obligasi. Mengerti beberapa hal tentang investasi ini mungkin membuat Anda tertarik. Ditambah lagi jika Anda berkenalan dengan digibank by DBS sebagai penyedianya, mungkin Anda akan lebih tertarik.



Yuk Kenali Obligasi Non Ritel

Obligasi FR adalah salah satu jenis obligasi non ritel. Dalam dunia investasi obligasi memang dikenal banyak istilah yang mana salah satunya adalah istilah-istilah untuk jenis obligasi itu sendiri. Ada obligasi ritel tidak dapat diperjualbelikan, obligasi ritel dapat diperjualbelikan, dan juga ada obligasi non ritel dapat diperjualbelikan.

Selain pembagian menurut jenisnya, obligasi juga diklasifikasikan berdasarkan serinya. Seri-seri obligasi pada obligasi FR antara lain FR 76, FR 79, FR 80, FR 81, dan FR 83. Masing-masing seri obligasi ini memiliki yield dan jenis benchmark yang berbeda. Mungkin akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui perbedaan versi non ritel dengan ritel.

Berikut adalah tabel yang berisi perbedaan antara obligasi non ritel dengan obligasi ritel yang keduanya sama-sama bisa didapatkan di pasar obligasi.

Obligasi Non Ritel

Obligasi Ritel

Pajak 15% untuk kupon dan 15% untuk penjualan (jika ada keuntungan)

Pajak 15% untuk kupon dan 15% untuk penjualan (jika ada keuntungan)

Pembelian minimal 1 juta rupiah untuk seri FR dan USD1.000 untuk seri INDON

Pembelian minimal 1 juta rupiah

Kupon fixed rate diberikan setiap 6 bulan

Kupon fixed rate diberikan setiap 1 bulan

Harga untuk jual dan beli tergantung pasar modal

Harga untuk jual dan beli tergantung secondary market

Bisa dijual dan dibeli di secondary market

Bisa dijual dan dibeli di secondary market

 

Dalam tabel di atas bisa Anda ketahui bahwa pendapatan menjalankan obligasi FR akan Anda dapatkan setiap 6 bulan sekali, yang mana diberikan dalam bentuk kupon fixed rate. Selain itu, harga untuk jual dan harga untuk beli tergantung pasar obligasi. Artinya, Anda juga bisa dapatkan keuntungan berinvestasi dari adanya perbedaan harga jual dan beli.

Apa Lagi Keuntungan Investasi Obligasi di Aplikasi digibank By DBS?

Jika Anda sudah mantap memiliki obligasi FR dapatkan saja investasi ini melalui digibank by DBS. Mulai dari pembelian, jadwal seri obligasi dijual, pendapatan, hingga penjualan. Lebih lanjut lagi, berikut adalah 4 keunggulan dari produk keuangan ini:

1.                   Layanan 24 jam melalui aplikasi digibank, tidak perlu datang ke kantor cabang.

2.                   Keuntungan investasi cair setiap bulan.

3.                   Jumlah investasi mulai dari 1 juta.

4.                   Investasi rendah risiko.

 Ya, itulah 4 keutamaan yang akan Anda dapatkan. Bahkan, Anda akan dibekali dengan aplikasi untuk bisa mendapatkan info secara real time dari investasi yang dijalankan.

Bagaimanakah Cara Mendaftarnya?

Sudah menetapkan keinginan untuk gabung investasi obligasi dengan aplikasi digibank by DBS? Yuk kenali cara mendaftar dan tahapannya berikut.

  1. Download Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store
  2. Masukkan data diri untuk buat Tabungan digibank
  3. Klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Apabila nomor SID sudah dibuat, kamu akan mendapatkan notifikasi email.
  4. Setelah ini, login kembali dan klik “Registrasi e-SBN” untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  5. Pilih produk yang tersedia, masukkan jumlah yang kamu inginkan, lalu lakukan pembayaran. Portofolio investasi obligasi yang kamu beli akan terlihat setelah tanggal setelmen dari produk.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Itulah mengapa Anda sebaiknya bergabung menjadi investor yang akan banyak mendapat untung di aplikasi digibank by DBS.

 

0 comments:

Post a Comment